17 Mar 2013

MANFAAT BLOGER

Anda tidak mungkin melakukan sesuatu tanpa mengetahui apa manfaatnya bagi anda bukan? Dan jika kita tilik sekilas sejarah blog, memang banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari blog. Nah kalau mungkin anda belum tahu atau baru tahu beberapa hal tentang manfaat blog, saya coba buat daftarnya, setidaknya manfaat ini yang saya rasakan :
1. Menambah ilmu
Setiap kita menguasai sebuah ilmu, tentu semakin bertambah ilmu dan pengetahuan kita, otomatis mas bro.. hehe. Dan ilmu ngeblog bukan ilmu main-main lho, selain untuk menyalurkan ide, bakat, hoby, mengisi waktu luang denganhal yang bermanfaat, juga bisa mendatangkan uang. Yup kita bisa dapatkan penghasilan dengan blog salah satunya melalui program-program periklanan baik dalam maupun luar negri. Nanti kita pelajari bareng pada artikel lain yah.

 
2. Menjadi seorang researcher (peneliti)
Saat anda mulai memahami cara membuat blog, dan menjadi blogger, mulai menulis artikel-artikel tentang apa saja yang anda bisa dan sukai, atau bahkan yang hanya tahu sedikit-sedikit, tentu anda tidak ingin asal menulis karena tujuannya adalah pengunjung atau pembaca blog anda mendapatkan info yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat sering kita harus melakukan sedikit research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog dengan temen, atau yang paling gampang adalah lewat search engine terutama google. Nah dari usaha-usaha kita dalam membuat artikel yang baik tersebut kita pasti jadi banyak menemukan hal-hal baru karena kita membaca dan memahami, dan kita semakin tahu bagaimana melakukan research /penelitian sederhana bahkan singkat dan merangkumnya dalam sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain. Anda belajar banyak menjadi peneliti yang baik bukan?
3. Menjadi penulis yang lebih baik
Hampir mirip dengan point diatas, kita secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Dan secara alami kita pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf dan susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu akanmeningkatkan kemampuan kita dalam menulis dan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan. Sadar atau tidak sadar anda telah menjadi seorang penulis! Betul? Sampai disini anda pasti telah merasakan manfaat blog bagi anda.
4. Menjadi terkenal
Semakin banyak artikel bermanfaat yang kita tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita (tentang apa saja yang kita bisa dan sukai), tentunya kita akan semakin dikenal banyak pengguna internet karena artikel-artikel kita yang bermanfaat untuk mereka, dan semakin kita sadari manfaat blog bagi kita.
5. Menambah teman dan relasi, Bahkan ketemu jodoh hehe..
Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khusunya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan ide dan kesukaan yang sama? Bahkan anda bisa menemukan jodoh anda dengan semakin banyak teman ngeblog.., who knows? :)
6. Membantu orang lain
Jika anda mempunyai tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung anda akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan anda, Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang lain, bukankah sangat berarti hidup kita jika bisa membantu dan bermanfaat bagi sesama? Begitu besarnya manfaat blog bagi kita jika kita benar-benar menyadarinya.
7. Menghasilkan uang
Jangan lupa jika blog bisa menghasilkan uang! Bagaimana caranya? Logikanya, semakin blog kita banyak pengunjung, salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click).
Jadi kita dibayar berdasarkan perklik iklan yang dilakukan pengunjung oleh advertiser penyedia jasa periklanan, baik luar maupun dalam negri. Bayangkan jika harga per klik Rp. 1000, dan dalam sehari ada 1500 pengunjung blog kita, tarohlah hanya 10% yang ngeklik iklan, berarti 150 klik, bukankah penghasilan kita sudah Rp.150.000 per hari? Dan tanpa kita sibuk bekerja.. Wow…
Memang tidak mudah bagaimana cara membuat blog yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, tapi dengan semangat dan rasa ingin tahu yang besar, kita bisa mempelajari tahap demi tahap apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan banyak pengunjugn di blog kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar